BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / INFORMASI / Bahan Uji Publik Kurikulum 2013

Bahan Uji Publik Kurikulum 2013

Bahan Uji Publik Kurikulum 2013

Tanggal 29 November 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan Draf resmi Kurikulum 2013.
Draf ini juga bisa diuji publik secara online di http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id
Kita semua berharap bahwa kurikulum ini akan benar benar dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Anda dapat menggunakan kesempatan baik ini untuk memberi masukan, kritik, dan saran hingga tanggal 24 Desember 2012.

Pelaksanaan uji publik pengembangan kurikulum 2013 yang dilakukan di sejumlah  kota di Indonesia, diawali Jakarta, 29 November tahun lalu (29/11/2012) sampai 23 Desember 2012, termasuk masukan dan komentar publik melalui “On-Line” menghasilkan beberapa kesimpulan.

Sebagaimana dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menjelang pelaksanaan uji publik, kegiatan  ini merupakan penyempurnaan gagasan yang sudah lama dihimpun dan ditelaah. Dengan adanya uji publik, masyarakat dapat mengetahui struktur kurikulum baru dan juga dapat memberi masukan.

Masukan dari masyarakat akan membantu untuk penerapan kurikulum 2013 yang sempurna. Hasil uji publik ini disusun dalam sebuah rekomendasi yang kemudian digunakan untuk menyempurnakan struktur kurikulum baru pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini.

“Jadi adanya uji publik ini bukan untuk dibatalkan. Tapi untuk memberi masukan jika ada yang tak setuju dan mana yang harus diperbaiki,” kata Nuh, saat menjelang Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 di Jakarta, sebagaima dilansir KOMPAS.Com.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian, Chairil Anwar Notodiputro. Uji publik pengembangan kurikulum ini dilakukan untuk melihat peta dukungan masyarakat terhadap revisi kurikulum yang akan mulai diterapkan kepada peserta didik pada Juni 2013 mendatang.

Uji publik ini juga menjadi sarana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan sosialisasi prosedur dan hasil Pengembangan Kurikulum 2013. Selain itu, dari uji publik ini juga akan diperoleh dokumen kurikulum 2013 yang disempurnakan untuk kemudian diterapkan.

Dari Hasil Uji publik Kurikulum 2013 yang mendapat sorotan tajam mulai dari masyarakat umum, pakar pendidikan, praktisi pendidikan, termasuk kalangan legislatif di Senayan, akhirnya  diperoleh tiga kesimpulan. Pertama, menyangkut Konsep Kurikulum 2013, di mana mayoritas publik setuju dengan konsep kurikulum 2013, namun demikian mereka memberi saran agar pembentukan karakter diperkuat melalui pelajaran agama.

Kesimpulan kedua dalam Strategi implementasi, diperlukan ada peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah serta sosialisasi yang intensif untuk orang tua agar pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat berjalan lancar.

Kesimpulan ketiga,menyangkut Penambahan Jam Pelajaran, mendapat sambutan baik dari publik, terutama guru. Dengan harapan akan menjadi bagian dari penilaian angka kredit guru. Tentunya bagi sekolah yang double-shift masih diperlulkan penambahan ruang kelas.

Berkenaan dengan Hasil Uji Publik Kurikulum 2013, SiapBelajar.Com secara bertahap akan menyajikannya perbagian untuk memudahkan pemahamannya.

Bagian A:  Analisis Hasil TIMSS dan PIRLS 2011;

Bagian B : Kesesuaian Soal TIMSS dan PIRLS dengan Kurikulum; Bagian

C : Perbandingan Kurikulum; Bagian

D: Hasil Uji Publik; dan Bagian

E:Strategi Implementasi Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut :

Bagian A (Analisis Hasil TIMSS dan PIRLS 2011)

Bagian B (Kesesuaian Soal TIMSS dan PIRLS dengan Kurikulum)

Bagian C (Perbandingan Kurikulum)

Bagian D (Hasil Uji Publik)

Bagian E (Strategi Implementasi Kurikulum 2013)

Link Download
Bahan Uji Publik Kurikulum 2012

About haniefbagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.